Senin, 03 Agustus 2009

Jav Kai


Jav Kai aka Laskar Bajingan, lahir pada tanggal 30 september 1987 di Surabaya.Tumbuh di salah satu kampung yang cukup keras di tengah kota, di mana bonek dan anak punk di anggap seperti pahlawan, simbol kebebasan, di mana toko minuman keras buka 24 jam, Pub dangdut di mana-mana dan tempat prostitusi nJarak-Dolly berada tidak jauh dari rumah, Jln. Dukuh Kupang Gang Lebar, Surabaya Selatan.

Kesuka’an pada musik-musik dari negara asinglah yang mengantarkan Jav Kai pada musik rap. Dari blink 187 dan green day berubah ke Eminem dan G unit. Dan kesuka’an pada musik asing juga yang menjadi alasan kenapa Jav Kai suka memakai bahasa inggris pada sa’at membuat lagu, walaupun bahasa inggrisnya masih pas-pas’an karena cuma lulusan STM swasta, tapi silahkan kalau mau di banding-bandingkan dengan yang lain.

Eksistensinya di dunia rap lokal di mulai sekitar akhir tahun 2004, sa’at dia mulai ikut acara rap di salah satu radio di Surabaya di mana anak-anak komunitas rap Surabaya berkumpul, dan Jav Kai mulai belajar tentang rap lebih jauh di sana.Sempat punya grup rap dengan ODYX dan DJ Chucky yang bernama KRS K2, tapi tidak bertahan lama, dan akhirnya bubar.Tapi kemudian Jav Kai membuat grup baru dengan nama JAM DOG FLOCK, dengan mengajak beberapa teman dari kampung sendiri dengan harapan, sa’at membuat lagu, semua kisah-kisah dalam lagu di angkat dari hal-hal yang terjadi setiap harinya di kampung, dan semua liriknya asli. Tapi itupun juga tidak bertahan lama, dan grup JAM DOG FLOCK pun bubar dengan tidak jelas. Pada tahun 2008 Jav Kai memutuskan membuat satu solo rap mixtape dengan dana yang sangat minim dan kemampuan sendiri yang juga masih kurang, dan proses pun dimulai, dari beat yang 90% di produksi dengan tangan sendiri dan mixing lagu yang juga di selesaikan sendiri.

Sampai akhirnya pada tahun 2009 underground rap mixtape vol. 1 - PADA JANCUK SEMUA keluar.Berisi kisah-kisah kehidupan sehari-hari di kampung, pengalaman pribadi, di buat dalam lirik dengan bahasa yang sangat jelas, karena Jav Kai sangat jarang menggunakan metafor, mungkin tidak seperti MC-MC lain, karena Jav Kai berpendapat, terlalu menggunakan metafor juga akhirnya jadi rangkaian kata hiperbola/mengada-ada, di mana itu sangat bertentangan dengan basic musik rap sendiri, yang harusnya “keep it real” di tiap lirik.Ada 16 lagu di buat dalam 3 bahasa, inggris-Indonesia-jawa, yang semuanya di kerjakan sendiri tanpa adanya kolaborasi rap dengan rapper-rapper lain di dalam lagu.Dengan tujuan membuat satu sejarah baru, yang mungkin belum pernah ada yang buat mixtape seperti itu di rap underground Surabaya dan mungkin Indonesia.

Dan kenapa mixtapenya berjudul PADA JANCUK SEMUA, karena bubarnya grup JAM DOG FLOCK’lah alasannya.Karena sebelumnya, semua materi lagu yang ada dalam mixtape di siapkan Jav Kai untuk JAM DOG FLOCK, kecuali bonus lagu ‘Go to sleep dog !!!’ tentunya, yang merupakan dis buat beberapa member dari JAM DOG FLOCK, biar anak-anak rap dengan tipe seperti mereka tahu, loyalty
sekali sampai mati dan RAP bukan untuk main-main.

Dan Mixtape yang sudah di kerjakan Jav Kai pun tidak main-main, walaupun ada yang kasih kritik, soal sound yang banyak kurangnya,,,,karena Jav Kai cuma seorang Rapper, bukan beat-maker/produser handal, walaupun beat/lagu di mixing sendiri juga pasti ada kurangnya, tapi paling tidak itu adalah hasil dari tangan sendiri, dan ada juga yang bilang kalau mixtape PADA JANCUK SEMUA itu kurang menjual…Coba kalian pikir,,,kalau niat jualan,,apa mungkin judul mixtapenya PADA JANCUK SEMUA.

“anybody say this won’t go commercial/talkin shit when i get down/
wait till they cop “THE NEXT LEVEL”/next shit still rep the underground”

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar