Senin, 03 Agustus 2009

Tatz

Mulai muncul di dunia rap sejak 2003.Saat itu tatz menyukai lagu-lagu hiphop seperti 50cent,Lil John,Chingy,TI,Public Enemy,Neo,Iwa-K,Rulionzo,dan di album pesta rap.Akhirnya tatz mulai belajar rapping,membuat lirik dan saat itu belum mempunyai beat minus one,tatz hnya menggunakan intrument beat midi di keyboard KORG-nya.Suatu saat tatz bertemu seseorang yang tetlah membuat tatz sampai saat ini dan sangat berpengaruh banget buat tatz untuk tetrus eksis di dunia hiphop,yaitu grup rap asal Malang APA(Bellal,Pungky,Agung).Saat itu mereka mendorong dan mensuport Tatz untuk terus berkembang.Tak lama Pungky APA mengajari Tatz membuat sebuah beat minus one,Tatz mengembangkanya sendiri.

Ditahun 2003 juga Tatz mulai bergerak di dunia rap dengan membentuk grup rap pertama kali di kota Pandaan,OVERSLEEP yang beranggotakan Lil’ Nov,Willy,Tatz,dan Biand-B.Sebuah nama yang tak asing di telinga raper-raper jawa timur khususnya Surabaya-Pasuruan-Malang.Dan Tatz juga sebagai beat maker Oversleep yang sudah membuat beberapa lagu dan sempat di putar di beberapa radio-radio.Di tahun 2006 akhir,Oversleep sempat vakum.Tatz mulai project solonya di tahun 2007 dan sempat juga bergabung dengan grup rap Doggy Style yang beranggotakan Ebo dacudeta,Papa street,Biand-B,dan Tatz.Tapi Doggy Style bertahan hanya sampai pertengahan 2007.Tanpa tinggal diam,Tatz melancarkan solo projectnya dan sukses dengan album pertamanya “Down da street” di tahun 2008 dengan single ” Hari ini indah”.Tatz mulai sibik dengan penggarapan album keduanya dengan title “Perlahan tapi pasti”..coming soon.

Biodata:
Nama : Angga aka TATZ
Alamat: Jl.Kalisari 461 Prigen-Pasuruan
Tempat Tgl Lahir: Pasuruan,12 Februari 1988
Influence : TI,LIL JOHN,CHINGY,YINYANG TWINS,YOUNG PATT,T-PAIN,CLIPSE,

Contact Person :
Phone : 0856 4545 1019 (Tatz)
Email : tatz_rappa@yahoo.co.id
FS : tatz_0343@hiphopindo.net
SOUNDCLICK : www.soundclick.com/tatzrappa

Bookmark and Share

Tatz

Mulai muncul di dunia rap sejak 2003.Saat itu tatz menyukai lagu-lagu hiphop seperti 50cent,Lil John,Chingy,TI,Public Enemy,Neo,Iwa-K,Rulionzo,dan di album pesta rap.Akhirnya tatz mulai belajar rapping,membuat lirik dan saat itu belum mempunyai beat minus one,tatz hnya menggunakan intrument beat midi di keyboard KORG-nya.Suatu saat tatz bertemu seseorang yang tetlah membuat tatz sampai saat ini dan sangat berpengaruh banget buat tatz untuk tetrus eksis di dunia hiphop,yaitu grup rap asal Malang APA(Bellal,Pungky,Agung).Saat itu mereka mendorong dan mensuport Tatz untuk terus berkembang.Tak lama Pungky APA mengajari Tatz membuat sebuah beat minus one,Tatz mengembangkanya sendiri.

Ditahun 2003 juga Tatz mulai bergerak di dunia rap dengan membentuk grup rap pertama kali di kota Pandaan,OVERSLEEP yang beranggotakan Lil’ Nov,Willy,Tatz,dan Biand-B.Sebuah nama yang tak asing di telinga raper-raper jawa timur khususnya Surabaya-Pasuruan-Malang.Dan Tatz juga sebagai beat maker Oversleep yang sudah membuat beberapa lagu dan sempat di putar di beberapa radio-radio.Di tahun 2006 akhir,Oversleep sempat vakum.Tatz mulai project solonya di tahun 2007 dan sempat juga bergabung dengan grup rap Doggy Style yang beranggotakan Ebo dacudeta,Papa street,Biand-B,dan Tatz.Tapi Doggy Style bertahan hanya sampai pertengahan 2007.Tanpa tinggal diam,Tatz melancarkan solo projectnya dan sukses dengan album pertamanya “Down da street” di tahun 2008 dengan single ” Hari ini indah”.Tatz mulai sibik dengan penggarapan album keduanya dengan title “Perlahan tapi pasti”..coming soon.

Biodata:
Nama : Angga aka TATZ
Alamat: Jl.Kalisari 461 Prigen-Pasuruan
Tempat Tgl Lahir: Pasuruan,12 Februari 1988
Influence : TI,LIL JOHN,CHINGY,YINYANG TWINS,YOUNG PATT,T-PAIN,CLIPSE,

Contact Person :
Phone : 0856 4545 1019 (Tatz)
Email : tatz_rappa@yahoo.co.id
FS : tatz_0343@hiphopindo.net
SOUNDCLICK : www.soundclick.com/tatzrappa

Bookmark and Share

Zamzam


Salah satu tujuan festival musik adalah memperkenalkan dan mengangkat bakat-bakat baru di musik. Dalam Axis Jakarta International Java Soulnation Festival yang berlangsung di Istora Senayan, 30-31 Oktober 2009, tampil Zamzam, penyanyi rap asal kota Cianjur, Jawa Barat, yang pernah menjadi sopir angkutan kota atau angkot.

Zamzam baru pertama kali tampil di festival internasional musik hip-hop, soul, R&B, dan rap tersebut. Lazimnya pendatang baru, Zamzam masih diberi jatah panggung kecil di luar ruang, tepatnya Axis Stage di dekat pintu masuk area festival.

Sebagai artis hip-hop, Zamzam terlihat memang masih malu-malu dan kurang lepas menunjukkan kebolehan bersama teman-temannya sesama artis baru di bawah manajemen Freesouls Entertainment, Sabtu (31/10) malam.

Ia menyanyikan beberapa lagu karya sendiri, antara lain berjudul Ladies, Sampai Mati, dan Magdalena. Lagu Magdalena ini menjadi single pertama yang kami lepas ke pasar, kata Heru Bunjani, Direktur Pemasaran dan Promosi Freesouls Entertainment.

Menurut Heru, pihaknya mulai tertarik pada Zamzam sejak ia menjuarai acara Rap Battle yang digelar di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, tahun 2005. Di final, Zamzam mengalahkan Saykoji. Setelah itu, ia juga menjadi pemenang kontes Rap Superstar 2009 yang digelar Hiphopindo, mengalahkan 50 peserta dari seluruh Indonesia, papar Heru.

Prestasi itu saja sudah luar biasa mengingat latar belakang dan asal-usul Zamzam yang jauh dari ingar bingar musik rap dan hip-hop. Lahir di Bandung, 28 Agustus 1985, pemuda bernama lengkap Zamzam Kamaludin ini tumbuh besar di Cianjur, kota kecil di Jawa Barat yang terkenal dengan berasnya.

Sopir angkot

Selulus SMA, Zamzam tidak bisa melanjutkan ke bangku kuliah karena keterbatasan kemampuan keluarga. Ia akhirnya mengikuti jejak teman-teman sebaya di lingkungannya, yakni menjadi sopir angkot. Teman-teman saya kalau tidak jadi sopir angkot, ya, jadi TKI. Akhirnya saya ikut-ikutan narik angkot, kenang Zamzam, yang bercita-cita menulis lagu rap dalam bahasa Sunda.

Sambil narik angkot 02B jurusan Pasir Hayam-Pasar Induk, Zamzam mulai berkenalan dengan musik hip-hop dan rap. Berawal dari mendengarkan kaset, ia mencoba-coba merangkai kata-kata buat dinyanyikan secara rap. Kebetulan ada satu temen sopir angkot yang sama-sama suka rap. Jadi, sambil nunggu penumpang, kami sering latihan nge-rap di mobil. Sekarang dia sudah jadi TKI, ujar pengidola artis rap dari AS, Eminem, ini.

Pengetahuan Zamzam terhadap rap pun meningkat setelah ia tahu menggunakan internet untuk mencari informasi ataupun mengunduh musik minus-one sebagai pengiring rap dari berbagai situs di luar negeri.

Dari internet itu juga saya tahu ada acara Rap Battle di Jakarta. Saya nekat berangkat ke Jakarta naik bus, cuma bawa bekal uang Rp 70.000. Berangkat pagi, langsung pulang setelah acara. Untungnya menang, dapat hadiah Rp 1 juta, saya bagi-bagi ke saudara di rumah dan buat beli walkman , ungkap Zamzam, yang sampai sekarang masih bekerja di peternakan ikan bawal milik saudaranya sambil membantu ibunya sebagai penyalur TKI di Cianjur. -

Sejak bergabung dengan Freesouls Entertainment, Maret lalu, Zamzam kini mulai merintis karier sebagai artis profesional. Berbagai pentas dan pertunjukan di kelab malam sudah pernah ia jajal. Dan kini, ia tampil di sebuah festival internasional. Enggak pernah terbayang bisa tampil di satu event bersama DMC, ujar Zamzam menyebut salah satu tokoh musik rap dari AS yang juga tampil di Soulnation Festival 2009. Yo..yo man..euy!! (DHF)

Bookmark and Share

Zamzam


Salah satu tujuan festival musik adalah memperkenalkan dan mengangkat bakat-bakat baru di musik. Dalam Axis Jakarta International Java Soulnation Festival yang berlangsung di Istora Senayan, 30-31 Oktober 2009, tampil Zamzam, penyanyi rap asal kota Cianjur, Jawa Barat, yang pernah menjadi sopir angkutan kota atau angkot.

Zamzam baru pertama kali tampil di festival internasional musik hip-hop, soul, R&B, dan rap tersebut. Lazimnya pendatang baru, Zamzam masih diberi jatah panggung kecil di luar ruang, tepatnya Axis Stage di dekat pintu masuk area festival.

Sebagai artis hip-hop, Zamzam terlihat memang masih malu-malu dan kurang lepas menunjukkan kebolehan bersama teman-temannya sesama artis baru di bawah manajemen Freesouls Entertainment, Sabtu (31/10) malam.

Ia menyanyikan beberapa lagu karya sendiri, antara lain berjudul Ladies, Sampai Mati, dan Magdalena. Lagu Magdalena ini menjadi single pertama yang kami lepas ke pasar, kata Heru Bunjani, Direktur Pemasaran dan Promosi Freesouls Entertainment.

Menurut Heru, pihaknya mulai tertarik pada Zamzam sejak ia menjuarai acara Rap Battle yang digelar di Lapangan Blok S, Jakarta Selatan, tahun 2005. Di final, Zamzam mengalahkan Saykoji. Setelah itu, ia juga menjadi pemenang kontes Rap Superstar 2009 yang digelar Hiphopindo, mengalahkan 50 peserta dari seluruh Indonesia, papar Heru.

Prestasi itu saja sudah luar biasa mengingat latar belakang dan asal-usul Zamzam yang jauh dari ingar bingar musik rap dan hip-hop. Lahir di Bandung, 28 Agustus 1985, pemuda bernama lengkap Zamzam Kamaludin ini tumbuh besar di Cianjur, kota kecil di Jawa Barat yang terkenal dengan berasnya.

Sopir angkot

Selulus SMA, Zamzam tidak bisa melanjutkan ke bangku kuliah karena keterbatasan kemampuan keluarga. Ia akhirnya mengikuti jejak teman-teman sebaya di lingkungannya, yakni menjadi sopir angkot. Teman-teman saya kalau tidak jadi sopir angkot, ya, jadi TKI. Akhirnya saya ikut-ikutan narik angkot, kenang Zamzam, yang bercita-cita menulis lagu rap dalam bahasa Sunda.

Sambil narik angkot 02B jurusan Pasir Hayam-Pasar Induk, Zamzam mulai berkenalan dengan musik hip-hop dan rap. Berawal dari mendengarkan kaset, ia mencoba-coba merangkai kata-kata buat dinyanyikan secara rap. Kebetulan ada satu temen sopir angkot yang sama-sama suka rap. Jadi, sambil nunggu penumpang, kami sering latihan nge-rap di mobil. Sekarang dia sudah jadi TKI, ujar pengidola artis rap dari AS, Eminem, ini.

Pengetahuan Zamzam terhadap rap pun meningkat setelah ia tahu menggunakan internet untuk mencari informasi ataupun mengunduh musik minus-one sebagai pengiring rap dari berbagai situs di luar negeri.

Dari internet itu juga saya tahu ada acara Rap Battle di Jakarta. Saya nekat berangkat ke Jakarta naik bus, cuma bawa bekal uang Rp 70.000. Berangkat pagi, langsung pulang setelah acara. Untungnya menang, dapat hadiah Rp 1 juta, saya bagi-bagi ke saudara di rumah dan buat beli walkman , ungkap Zamzam, yang sampai sekarang masih bekerja di peternakan ikan bawal milik saudaranya sambil membantu ibunya sebagai penyalur TKI di Cianjur. -

Sejak bergabung dengan Freesouls Entertainment, Maret lalu, Zamzam kini mulai merintis karier sebagai artis profesional. Berbagai pentas dan pertunjukan di kelab malam sudah pernah ia jajal. Dan kini, ia tampil di sebuah festival internasional. Enggak pernah terbayang bisa tampil di satu event bersama DMC, ujar Zamzam menyebut salah satu tokoh musik rap dari AS yang juga tampil di Soulnation Festival 2009. Yo..yo man..euy!! (DHF)

Bookmark and Share

pONco


pONco adalah nama seorang musisi hiphop dari kota Bogor, Jawa Barat. pONco di pentas musik Indonesia memang belum setenar Iwa-k, namun ia mempunyai karakter berbeda di kotanya. Dara-dara remaja yang tampak ceria berteriak-teriak menyambut lirik-lirik pONco yang katanya “ngena ke hati!!”.

Kemarin (awal 2006), pONco telah meluncurkan albumnya berjudul pONco-2sides (EP) yang diterbitkan pion recordz atawa “pONco yang bikin sendiri” di kotanya sendiri (belum diterbitkan di luar kota Bogor). Ini sebuah penerbit rekaman musik yang menyebut diri sebagai indie label-bahasa gampangnya adalah perusahaan rekaman “kecil-kecilan”- bukan label besar seperti Sony Music atau Musica, misalnya.

Begitulah pONco seperti musisi hiphop yang mewakili gerakan kaum muda yang bersemboyan “D.I.Y.” Singkatan dari Do It Yourself-kerjakan sendiri-atau bahasa anak band “pokoknya hajar saja”.

“hiphop adalah komunitas yang biasanya tidak tergantung pada pemodal atau perusahaan besar. Kalau mereka mau bikin album ya bikin saja sendiri. Kalau bikin majalah, kaset, kaos, pentas, ya bikin saja sendiri,” kata pONco, sang pionir ponco crew di moksa management. yang bersedia menampung aktivitas kaum hiphop muda yang menyebut diri sebagai komunitas indie, dari kata independen, bebas tak tergantung orang lain.

Hiphop (rap/R&B/sejenisnya) yang bersifat independen memang bukan gerakan perlawanan atau semacam counter culture. Mereka adalah kaum muda yang ingin mengerjakan sesuatu seperti yang mereka inginkan dengan cara semampunya.

Itulah pemandangan sepintas musik hiphop bagi seorang pONco. Musisi-musisi lokal mampu memasok kebutuhan hiburan orang-orang lokal. pONco hanyalah salah satu dari kelompok musik hiphop kaum muda yang diperkirakan berjumlah ratusan. Mereka yang tumbuh subur di kota-kota besar Indonesia, terutama Bogor. Ia dengan cara sendiri menggalang publik dengan tampil di berbagai kesempatan, mulai dari pesta seni sekolahan, di radio, sampai kafe. Ia juga membuat album lewat penerbit album yang mereka sebut “indie label”.

Apa pun itu, pONco menjadi salah satu indikator vitalitas kaum yang katakanlah mempunyai semacam spirit pembebasan. Paling tidak bebas memainkan musik seperti yang ia suka. Bukan musik yang ia anggap mapan, baku, atau mainstream, seperti yang dibuat oleh perusahaan mapan pula.

Solo rap atau grup rap dengan semangat serupa seperti pONco telah bermunculan. Menyebut beberapa yang dari Bogor saja, terdapatlah nama-nama seperti mixkill, akbar, d’school, WIT, TRC, medjai, 42dhit&dahu, fisibelsizel, dan Skinny-B. Daftar akan menjadi makin panjang jika musisi “senior” harus disebut seperti sweet martabak sampai neo yang telah lebih sepuluh tahun dikenal di blantika musik Indonesia.

Usia pONco crew (selain pONco pribadi tentunya) berkisar antara 18-28 tahun, ada beberapa crew yang tergolong “kolot” yang berusia di atas rata-rata tersebut (ya tentunya manager pONco yang bawel sangat!!). Referensi dengaran pONco pun bervariasi, namun rata-rata itu mengacu pada musisi hiphop modernbeats semisal Kanye West, Chingy, jay-z, chris brown, sampai musisi hiphop indie luar negri yang tergolong jarang dikenal khalayak namun bersifat musik komersial.

Sejumlah radio seperti Ardan fm (bandung), lesmana fm (bogor), Solo radio fm (solo), Crez fm (purwokerto) dan DJ fm (surabaya) telah (bahkan masih) mencicipi karya-karya pONco yang mereka bilang selalu dapat perhatian positif dari para pendengar setia di radio mereka.

Komunitas pemusik-penggemar hiphop telah membentuk semacam jaringan yang menampung aktivitas mereka. Katakanlah itu berupa infrastruktur yang mendukung kehidupan bermusik di Indonesia. Musisi yang telah terasah kemampuan di event-event itu kemudian perlu merekam album. Sebelumnya mereka perlu membuat musik contoh atau album demo untuk disodorkan ke radio atau penerbit rekaman.

Radio-radio di Bandung menjadi salah satu tempat penyemaian musisi “indie” itu. Radio Ardan, Oz, atau Ninetyniners mempunyai acara semacam tangga lagu atau charts yang khusus menampung band indie. Band-band itu tinggal mengirim kaset atau CD ke radio dan mereka akan menyeleksi untuk kemudian menempatkan dalam daftar peringkat, dan hebohnya.. pONco pernah menjadi top list (chart #1) di ardan fm bandung ketika pertengahan sampai akhir tahun 2006 (dengan lagu berjudul putih abu-abu), dan sampai saat ini (2007) lagunya itu masih menjadi pilihan request remaja-remaja di kota Bandung karena di remix ulang oleh pihak pONco yang lebih fresh.

“Yang penting gw rilis musik yang gw suka dan menyebarkan musik itu ke orang lain. Rasanya puas man!!” kata pONco, yang bersama managernya (Ono dan Baong di moksa management) mendirikan pONco crew pada akhir 2006 dan akan kembali merilis album pONco yang sampai saat ini masih dalam pengumpulan materi.

Band-band “indie” berikut komunitas penggemarnya itu boleh jadi mewakili wajah era yang telah bergeser. Kaum muda kelahiran seputar era 1980-an telah menemukan lahan bermainnya sendiri.

“Here we are now… Waktunya siap akan perkembangan dari apa yang kita lihat. Memang sekarang waktunya untuk membuat apa yang kita butuhkan. We are all smarter, better, than ten years ago. …. It’s time to open your mind!”-Kita lebih baik dan lebih pintar dari sepuluh tahun lalu. Ini saatnya untuk membuka pikiran…” Heroik euy!! (note: kumpulan dari beberapa artikel dan pada artikel poncotempo.com)

Bookmark and Share

pONco


pONco adalah nama seorang musisi hiphop dari kota Bogor, Jawa Barat. pONco di pentas musik Indonesia memang belum setenar Iwa-k, namun ia mempunyai karakter berbeda di kotanya. Dara-dara remaja yang tampak ceria berteriak-teriak menyambut lirik-lirik pONco yang katanya “ngena ke hati!!”.

Kemarin (awal 2006), pONco telah meluncurkan albumnya berjudul pONco-2sides (EP) yang diterbitkan pion recordz atawa “pONco yang bikin sendiri” di kotanya sendiri (belum diterbitkan di luar kota Bogor). Ini sebuah penerbit rekaman musik yang menyebut diri sebagai indie label-bahasa gampangnya adalah perusahaan rekaman “kecil-kecilan”- bukan label besar seperti Sony Music atau Musica, misalnya.

Begitulah pONco seperti musisi hiphop yang mewakili gerakan kaum muda yang bersemboyan “D.I.Y.” Singkatan dari Do It Yourself-kerjakan sendiri-atau bahasa anak band “pokoknya hajar saja”.

“hiphop adalah komunitas yang biasanya tidak tergantung pada pemodal atau perusahaan besar. Kalau mereka mau bikin album ya bikin saja sendiri. Kalau bikin majalah, kaset, kaos, pentas, ya bikin saja sendiri,” kata pONco, sang pionir ponco crew di moksa management. yang bersedia menampung aktivitas kaum hiphop muda yang menyebut diri sebagai komunitas indie, dari kata independen, bebas tak tergantung orang lain.

Hiphop (rap/R&B/sejenisnya) yang bersifat independen memang bukan gerakan perlawanan atau semacam counter culture. Mereka adalah kaum muda yang ingin mengerjakan sesuatu seperti yang mereka inginkan dengan cara semampunya.

Itulah pemandangan sepintas musik hiphop bagi seorang pONco. Musisi-musisi lokal mampu memasok kebutuhan hiburan orang-orang lokal. pONco hanyalah salah satu dari kelompok musik hiphop kaum muda yang diperkirakan berjumlah ratusan. Mereka yang tumbuh subur di kota-kota besar Indonesia, terutama Bogor. Ia dengan cara sendiri menggalang publik dengan tampil di berbagai kesempatan, mulai dari pesta seni sekolahan, di radio, sampai kafe. Ia juga membuat album lewat penerbit album yang mereka sebut “indie label”.

Apa pun itu, pONco menjadi salah satu indikator vitalitas kaum yang katakanlah mempunyai semacam spirit pembebasan. Paling tidak bebas memainkan musik seperti yang ia suka. Bukan musik yang ia anggap mapan, baku, atau mainstream, seperti yang dibuat oleh perusahaan mapan pula.

Solo rap atau grup rap dengan semangat serupa seperti pONco telah bermunculan. Menyebut beberapa yang dari Bogor saja, terdapatlah nama-nama seperti mixkill, akbar, d’school, WIT, TRC, medjai, 42dhit&dahu, fisibelsizel, dan Skinny-B. Daftar akan menjadi makin panjang jika musisi “senior” harus disebut seperti sweet martabak sampai neo yang telah lebih sepuluh tahun dikenal di blantika musik Indonesia.

Usia pONco crew (selain pONco pribadi tentunya) berkisar antara 18-28 tahun, ada beberapa crew yang tergolong “kolot” yang berusia di atas rata-rata tersebut (ya tentunya manager pONco yang bawel sangat!!). Referensi dengaran pONco pun bervariasi, namun rata-rata itu mengacu pada musisi hiphop modernbeats semisal Kanye West, Chingy, jay-z, chris brown, sampai musisi hiphop indie luar negri yang tergolong jarang dikenal khalayak namun bersifat musik komersial.

Sejumlah radio seperti Ardan fm (bandung), lesmana fm (bogor), Solo radio fm (solo), Crez fm (purwokerto) dan DJ fm (surabaya) telah (bahkan masih) mencicipi karya-karya pONco yang mereka bilang selalu dapat perhatian positif dari para pendengar setia di radio mereka.

Komunitas pemusik-penggemar hiphop telah membentuk semacam jaringan yang menampung aktivitas mereka. Katakanlah itu berupa infrastruktur yang mendukung kehidupan bermusik di Indonesia. Musisi yang telah terasah kemampuan di event-event itu kemudian perlu merekam album. Sebelumnya mereka perlu membuat musik contoh atau album demo untuk disodorkan ke radio atau penerbit rekaman.

Radio-radio di Bandung menjadi salah satu tempat penyemaian musisi “indie” itu. Radio Ardan, Oz, atau Ninetyniners mempunyai acara semacam tangga lagu atau charts yang khusus menampung band indie. Band-band itu tinggal mengirim kaset atau CD ke radio dan mereka akan menyeleksi untuk kemudian menempatkan dalam daftar peringkat, dan hebohnya.. pONco pernah menjadi top list (chart #1) di ardan fm bandung ketika pertengahan sampai akhir tahun 2006 (dengan lagu berjudul putih abu-abu), dan sampai saat ini (2007) lagunya itu masih menjadi pilihan request remaja-remaja di kota Bandung karena di remix ulang oleh pihak pONco yang lebih fresh.

“Yang penting gw rilis musik yang gw suka dan menyebarkan musik itu ke orang lain. Rasanya puas man!!” kata pONco, yang bersama managernya (Ono dan Baong di moksa management) mendirikan pONco crew pada akhir 2006 dan akan kembali merilis album pONco yang sampai saat ini masih dalam pengumpulan materi.

Band-band “indie” berikut komunitas penggemarnya itu boleh jadi mewakili wajah era yang telah bergeser. Kaum muda kelahiran seputar era 1980-an telah menemukan lahan bermainnya sendiri.

“Here we are now… Waktunya siap akan perkembangan dari apa yang kita lihat. Memang sekarang waktunya untuk membuat apa yang kita butuhkan. We are all smarter, better, than ten years ago. …. It’s time to open your mind!”-Kita lebih baik dan lebih pintar dari sepuluh tahun lalu. Ini saatnya untuk membuka pikiran…” Heroik euy!! (note: kumpulan dari beberapa artikel dan pada artikel poncotempo.com)

Bookmark and Share

Karsten Schroeer aka DJ Kazz


Rulionzzo atau lebih akrab di panggil Onzzo memang sudah tidak asing lagi bagi scene musik hiphop Indonesia. Onzzo pernah sukses dengan single “Nyamuk”,“Kuingin Pergi” bersama Boyz Got No Brain (Pesta Rap I & III) dan album “Saiko” (2002).

Karsten Schroeer aka DJ Kazz adalah seorang produser musik, musisi dan DJ yg telah memiliki pengalam selama 10 tahun di dunia entertainment, baik di Indonesia maupu di Amerika. Namun beberapa tahun belakangan ini di lebih suka tinggal di Bali dan berkolaborasi dengan beberapa artis lokal dan internasonal disana.

Onzzo & DJ Kazz bertemu 5 tahun yang lalu di Bali. Saat itu DJ Kazz lagi iseng produksi bersama beberapa artis hiphop lokal. Selang beberapa tahun tepatnya setahun yang lalu mereka bertemu kembali kali ini mereka langsung sepakat untuk membuat sebuah album.

Album “Disko” begitu mereka menyebutnya, memang mereka dedikasikan agar semua orang berdansa! dan “We want to bring a new style to indonesia’s music scene” kata mereka. Musik yang mereka suguhkan ini memang memiliki nuansa yg berbeda sentuhan berbagai aliran dance music kedalam musik rap hasil ramuan DJ Kazz dan keahlian Onzzo menyusun rangkaian kata dan ritme rap nya, memang sangat cocok dan membius kita untuk berdansa.

Bookmark and Share

Karsten Schroeer aka DJ Kazz


Rulionzzo atau lebih akrab di panggil Onzzo memang sudah tidak asing lagi bagi scene musik hiphop Indonesia. Onzzo pernah sukses dengan single “Nyamuk”,“Kuingin Pergi” bersama Boyz Got No Brain (Pesta Rap I & III) dan album “Saiko” (2002).

Karsten Schroeer aka DJ Kazz adalah seorang produser musik, musisi dan DJ yg telah memiliki pengalam selama 10 tahun di dunia entertainment, baik di Indonesia maupu di Amerika. Namun beberapa tahun belakangan ini di lebih suka tinggal di Bali dan berkolaborasi dengan beberapa artis lokal dan internasonal disana.

Onzzo & DJ Kazz bertemu 5 tahun yang lalu di Bali. Saat itu DJ Kazz lagi iseng produksi bersama beberapa artis hiphop lokal. Selang beberapa tahun tepatnya setahun yang lalu mereka bertemu kembali kali ini mereka langsung sepakat untuk membuat sebuah album.

Album “Disko” begitu mereka menyebutnya, memang mereka dedikasikan agar semua orang berdansa! dan “We want to bring a new style to indonesia’s music scene” kata mereka. Musik yang mereka suguhkan ini memang memiliki nuansa yg berbeda sentuhan berbagai aliran dance music kedalam musik rap hasil ramuan DJ Kazz dan keahlian Onzzo menyusun rangkaian kata dan ritme rap nya, memang sangat cocok dan membius kita untuk berdansa.

Bookmark and Share

Jav Kai


Jav Kai aka Laskar Bajingan, lahir pada tanggal 30 september 1987 di Surabaya.Tumbuh di salah satu kampung yang cukup keras di tengah kota, di mana bonek dan anak punk di anggap seperti pahlawan, simbol kebebasan, di mana toko minuman keras buka 24 jam, Pub dangdut di mana-mana dan tempat prostitusi nJarak-Dolly berada tidak jauh dari rumah, Jln. Dukuh Kupang Gang Lebar, Surabaya Selatan.

Kesuka’an pada musik-musik dari negara asinglah yang mengantarkan Jav Kai pada musik rap. Dari blink 187 dan green day berubah ke Eminem dan G unit. Dan kesuka’an pada musik asing juga yang menjadi alasan kenapa Jav Kai suka memakai bahasa inggris pada sa’at membuat lagu, walaupun bahasa inggrisnya masih pas-pas’an karena cuma lulusan STM swasta, tapi silahkan kalau mau di banding-bandingkan dengan yang lain.

Eksistensinya di dunia rap lokal di mulai sekitar akhir tahun 2004, sa’at dia mulai ikut acara rap di salah satu radio di Surabaya di mana anak-anak komunitas rap Surabaya berkumpul, dan Jav Kai mulai belajar tentang rap lebih jauh di sana.Sempat punya grup rap dengan ODYX dan DJ Chucky yang bernama KRS K2, tapi tidak bertahan lama, dan akhirnya bubar.Tapi kemudian Jav Kai membuat grup baru dengan nama JAM DOG FLOCK, dengan mengajak beberapa teman dari kampung sendiri dengan harapan, sa’at membuat lagu, semua kisah-kisah dalam lagu di angkat dari hal-hal yang terjadi setiap harinya di kampung, dan semua liriknya asli. Tapi itupun juga tidak bertahan lama, dan grup JAM DOG FLOCK pun bubar dengan tidak jelas. Pada tahun 2008 Jav Kai memutuskan membuat satu solo rap mixtape dengan dana yang sangat minim dan kemampuan sendiri yang juga masih kurang, dan proses pun dimulai, dari beat yang 90% di produksi dengan tangan sendiri dan mixing lagu yang juga di selesaikan sendiri.

Sampai akhirnya pada tahun 2009 underground rap mixtape vol. 1 - PADA JANCUK SEMUA keluar.Berisi kisah-kisah kehidupan sehari-hari di kampung, pengalaman pribadi, di buat dalam lirik dengan bahasa yang sangat jelas, karena Jav Kai sangat jarang menggunakan metafor, mungkin tidak seperti MC-MC lain, karena Jav Kai berpendapat, terlalu menggunakan metafor juga akhirnya jadi rangkaian kata hiperbola/mengada-ada, di mana itu sangat bertentangan dengan basic musik rap sendiri, yang harusnya “keep it real” di tiap lirik.Ada 16 lagu di buat dalam 3 bahasa, inggris-Indonesia-jawa, yang semuanya di kerjakan sendiri tanpa adanya kolaborasi rap dengan rapper-rapper lain di dalam lagu.Dengan tujuan membuat satu sejarah baru, yang mungkin belum pernah ada yang buat mixtape seperti itu di rap underground Surabaya dan mungkin Indonesia.

Dan kenapa mixtapenya berjudul PADA JANCUK SEMUA, karena bubarnya grup JAM DOG FLOCK’lah alasannya.Karena sebelumnya, semua materi lagu yang ada dalam mixtape di siapkan Jav Kai untuk JAM DOG FLOCK, kecuali bonus lagu ‘Go to sleep dog !!!’ tentunya, yang merupakan dis buat beberapa member dari JAM DOG FLOCK, biar anak-anak rap dengan tipe seperti mereka tahu, loyalty
sekali sampai mati dan RAP bukan untuk main-main.

Dan Mixtape yang sudah di kerjakan Jav Kai pun tidak main-main, walaupun ada yang kasih kritik, soal sound yang banyak kurangnya,,,,karena Jav Kai cuma seorang Rapper, bukan beat-maker/produser handal, walaupun beat/lagu di mixing sendiri juga pasti ada kurangnya, tapi paling tidak itu adalah hasil dari tangan sendiri, dan ada juga yang bilang kalau mixtape PADA JANCUK SEMUA itu kurang menjual…Coba kalian pikir,,,kalau niat jualan,,apa mungkin judul mixtapenya PADA JANCUK SEMUA.

“anybody say this won’t go commercial/talkin shit when i get down/
wait till they cop “THE NEXT LEVEL”/next shit still rep the underground”

Bookmark and Share

Jav Kai


Jav Kai aka Laskar Bajingan, lahir pada tanggal 30 september 1987 di Surabaya.Tumbuh di salah satu kampung yang cukup keras di tengah kota, di mana bonek dan anak punk di anggap seperti pahlawan, simbol kebebasan, di mana toko minuman keras buka 24 jam, Pub dangdut di mana-mana dan tempat prostitusi nJarak-Dolly berada tidak jauh dari rumah, Jln. Dukuh Kupang Gang Lebar, Surabaya Selatan.

Kesuka’an pada musik-musik dari negara asinglah yang mengantarkan Jav Kai pada musik rap. Dari blink 187 dan green day berubah ke Eminem dan G unit. Dan kesuka’an pada musik asing juga yang menjadi alasan kenapa Jav Kai suka memakai bahasa inggris pada sa’at membuat lagu, walaupun bahasa inggrisnya masih pas-pas’an karena cuma lulusan STM swasta, tapi silahkan kalau mau di banding-bandingkan dengan yang lain.

Eksistensinya di dunia rap lokal di mulai sekitar akhir tahun 2004, sa’at dia mulai ikut acara rap di salah satu radio di Surabaya di mana anak-anak komunitas rap Surabaya berkumpul, dan Jav Kai mulai belajar tentang rap lebih jauh di sana.Sempat punya grup rap dengan ODYX dan DJ Chucky yang bernama KRS K2, tapi tidak bertahan lama, dan akhirnya bubar.Tapi kemudian Jav Kai membuat grup baru dengan nama JAM DOG FLOCK, dengan mengajak beberapa teman dari kampung sendiri dengan harapan, sa’at membuat lagu, semua kisah-kisah dalam lagu di angkat dari hal-hal yang terjadi setiap harinya di kampung, dan semua liriknya asli. Tapi itupun juga tidak bertahan lama, dan grup JAM DOG FLOCK pun bubar dengan tidak jelas. Pada tahun 2008 Jav Kai memutuskan membuat satu solo rap mixtape dengan dana yang sangat minim dan kemampuan sendiri yang juga masih kurang, dan proses pun dimulai, dari beat yang 90% di produksi dengan tangan sendiri dan mixing lagu yang juga di selesaikan sendiri.

Sampai akhirnya pada tahun 2009 underground rap mixtape vol. 1 - PADA JANCUK SEMUA keluar.Berisi kisah-kisah kehidupan sehari-hari di kampung, pengalaman pribadi, di buat dalam lirik dengan bahasa yang sangat jelas, karena Jav Kai sangat jarang menggunakan metafor, mungkin tidak seperti MC-MC lain, karena Jav Kai berpendapat, terlalu menggunakan metafor juga akhirnya jadi rangkaian kata hiperbola/mengada-ada, di mana itu sangat bertentangan dengan basic musik rap sendiri, yang harusnya “keep it real” di tiap lirik.Ada 16 lagu di buat dalam 3 bahasa, inggris-Indonesia-jawa, yang semuanya di kerjakan sendiri tanpa adanya kolaborasi rap dengan rapper-rapper lain di dalam lagu.Dengan tujuan membuat satu sejarah baru, yang mungkin belum pernah ada yang buat mixtape seperti itu di rap underground Surabaya dan mungkin Indonesia.

Dan kenapa mixtapenya berjudul PADA JANCUK SEMUA, karena bubarnya grup JAM DOG FLOCK’lah alasannya.Karena sebelumnya, semua materi lagu yang ada dalam mixtape di siapkan Jav Kai untuk JAM DOG FLOCK, kecuali bonus lagu ‘Go to sleep dog !!!’ tentunya, yang merupakan dis buat beberapa member dari JAM DOG FLOCK, biar anak-anak rap dengan tipe seperti mereka tahu, loyalty
sekali sampai mati dan RAP bukan untuk main-main.

Dan Mixtape yang sudah di kerjakan Jav Kai pun tidak main-main, walaupun ada yang kasih kritik, soal sound yang banyak kurangnya,,,,karena Jav Kai cuma seorang Rapper, bukan beat-maker/produser handal, walaupun beat/lagu di mixing sendiri juga pasti ada kurangnya, tapi paling tidak itu adalah hasil dari tangan sendiri, dan ada juga yang bilang kalau mixtape PADA JANCUK SEMUA itu kurang menjual…Coba kalian pikir,,,kalau niat jualan,,apa mungkin judul mixtapenya PADA JANCUK SEMUA.

“anybody say this won’t go commercial/talkin shit when i get down/
wait till they cop “THE NEXT LEVEL”/next shit still rep the underground”

Bookmark and Share

Sabtu, 01 Agustus 2009

Zigaz - Sahabat Jadi Cinta

Bookmark and Share



Zigaz - Sahabat Jadi Cinta

Bookmark and Share



Disclaimer


Disclaimer - Vco86.blogspot.com



Semua berkas yang terlampir di sini semata hanya bentuk khusus promosi, bahan evaluasi dan ungkapan saling memberi, dalam artian vco86.blogspot.com tidak tergabung dalam kegiatan maupun mendukung aksi pembajakan dan hak cipta yang ada tetap milik pihak yang bersangkutan. Berikan dukungan kalian dengan membeli produk asli ! vco86.blogspot.com tidak membagikan berkas komersial, jika anda menemukan berkas komersial di vco86.blogspot.com, silahkan kirim laporan email untuk mencek persoalan berkas. dan kirim laporan email anda ke hip_hop86@rocketmail.com

Dimohon :

  1. JANGAN menyebarkan hasil download kalian dari sini kepada yang lain
  2. Download dengan resiko kalian, vco86.blogspot.com tidak bertanggung jawab dengan apa yang telah kalian download.
  3. 3. HAPUS hasil downloa dan berkas dalam 24 jam

Sebelum kalian menyimpan ke media penyimpanan, berarti kalian menyetujui persetujuan di bawah ini :

  1. Anda mengetahui sepenuhnya dengan semua yang telah Anda lakukan dengan resiko Anda sendiri.
  2. Anda akan mengambil penuh tanggung jawab atas data manapun yang telah Anda download / gandakan.
  3. Vco86.blogspot.com tidak bertanggungjawab untuk pelanggaran apa pun yang dibuat oleh orang lain.
  4. Jika Anda tidak setuju dengan syarat-syarat diberitahukan di atas, Anda tidak dibolehkan dan tidak mempunyai hak untuk menggunakan layanan ini.
  5. Jika Anda menjadi seorang anggota Praktisi Hukum, atau seorang relasi agen seperti itu, Anda disarankan menghentikan dan berhenti lebih jauh masuk ke dalam lingkup ini !

Apa pun yang Anda lakukan dengan berkas yang telah Anda download (semua data), diberikan/disajikan kepada Anda adalah untuk resiko Anda pribadi dan tanggung jawab Anda.
vco86.blogspot.com tidak bertanggung jawab dengan apa pun karena layanan ini bebas.

Maka belilah yang ASLI,
dan JANGAN JUAL BARANG BAJAKAN !

Disclaimer


Disclaimer - Vco86.blogspot.com



Semua berkas yang terlampir di sini semata hanya bentuk khusus promosi, bahan evaluasi dan ungkapan saling memberi, dalam artian vco86.blogspot.com tidak tergabung dalam kegiatan maupun mendukung aksi pembajakan dan hak cipta yang ada tetap milik pihak yang bersangkutan. Berikan dukungan kalian dengan membeli produk asli ! vco86.blogspot.com tidak membagikan berkas komersial, jika anda menemukan berkas komersial di vco86.blogspot.com, silahkan kirim laporan email untuk mencek persoalan berkas. dan kirim laporan email anda ke hip_hop86@rocketmail.com

Dimohon :

  1. JANGAN menyebarkan hasil download kalian dari sini kepada yang lain
  2. Download dengan resiko kalian, vco86.blogspot.com tidak bertanggung jawab dengan apa yang telah kalian download.
  3. 3. HAPUS hasil downloa dan berkas dalam 24 jam

Sebelum kalian menyimpan ke media penyimpanan, berarti kalian menyetujui persetujuan di bawah ini :

  1. Anda mengetahui sepenuhnya dengan semua yang telah Anda lakukan dengan resiko Anda sendiri.
  2. Anda akan mengambil penuh tanggung jawab atas data manapun yang telah Anda download / gandakan.
  3. Vco86.blogspot.com tidak bertanggungjawab untuk pelanggaran apa pun yang dibuat oleh orang lain.
  4. Jika Anda tidak setuju dengan syarat-syarat diberitahukan di atas, Anda tidak dibolehkan dan tidak mempunyai hak untuk menggunakan layanan ini.
  5. Jika Anda menjadi seorang anggota Praktisi Hukum, atau seorang relasi agen seperti itu, Anda disarankan menghentikan dan berhenti lebih jauh masuk ke dalam lingkup ini !

Apa pun yang Anda lakukan dengan berkas yang telah Anda download (semua data), diberikan/disajikan kepada Anda adalah untuk resiko Anda pribadi dan tanggung jawab Anda.
vco86.blogspot.com tidak bertanggung jawab dengan apa pun karena layanan ini bebas.

Maka belilah yang ASLI,
dan JANGAN JUAL BARANG BAJAKAN !